TUGAS MODIFIKASI PROSES
1. Modifikasi Pendekatan Pembelajaran
Berdasar tugas yang sudah Anda kerjakan pada kegiatan
modifikasi tujuan dan isi/materi, lakukan modifikasi pendekatan pembelajaran
yang akan Anda gunakan agar kegiatan pembelajaran lebih sesuai dengan kebutuhan
peserta didik berkebutuhan khusus.
Pendekatan Pembelajaran (tuliskan nama
pendekatan pembelajaran yang Anda gunakan) |
Penjelasan Pendekatan Pembelajaran |
Penjelasan Modifikasi Pendekatan Pembelajaran bagi
Peserta Didik Berkebutuhan
Khusus |
Pendekatan
pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered
approach) |
Pendekatan
pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered
approach) |
Pendekatan
pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered
approach) |
2.
Modifikasi Metode Pembelajaran
Berdasar tugas yang sudah Anda kerjakan pada kegiatan
modifikasi tujuan dan isi/materi, lakukan modifikasi metode pembelajaran yang
akan Anda gunakan agar kegiatan pembelajaran lebih sesuai dengan kebutuhan
peserta didik berkebutuhan khusus.
Metode (tuliskan
nama metode pembelajaran yang Anda gunakan) |
Penjelasan Metode Pembelajaran |
Penjelasan Modifikasi Metode Pembelajaran bagi
Peserta Didik Berkebutuhan
Khusus |
Metode
pembelajaran ceramah, demonstrasi, diskusi, presentasi, tanya jawab |
Untuk
siswa normal menggunakan metode pembelajaran ceramah, demonstrasi, diskusi,
presentasi, tanya jawab |
Metode pengajaran yang umum digunakan dalam pengajaran
anak berkebutuhan khusus yaitu komunikasi, analisis tugas, intruksi langsung,
prompts dan pembelajaran kooperatif. |
|
|
|
3.
Modifikasi Model Pembelajaran
Berdasar tugas yang sudah Anda kerjakan pada kegiatan
modifikasi tujuan dan isi/materi, lakukan modifikasi model pembelajaran yang
akan Anda gunakan agar kegiatan pembelajaran lebih sesuai dengan kebutuhan
peserta didik berkebutuhan khusus.
Model
Pembelajaran (tuliskan nama model pembelajaran yang Anda gunakan) |
Sintak Model Pembelajaran |
Modifikasi Sintak Model Pembelajaran bagi Peserta
Didik Berkebutuhan
Khusus |
Model
Pembelajaran Kooperatif |
Tahap 1 :
Menyampaikan Tujuan dan Memotivasi Siswa Tahap 2 :
menyajikan Informasi Tahap 3 :
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok kelompok belajar Tahap 4 :
Membimbing kelompok belajar dan Bekerja Tahap 5 : Evaluasi Tahap 6 :
Memberikan penghargaan |
Tahap 1 :
Menyampaikan Tujuan dan Memotivasi Siswa Tahap 2 :
menyajikan Informasi Tahap 3 :
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok kelompok belajar Tahap 4 :
Membimbing kelompok belajar dan Bekerja Tahap 5 : Evaluasi Tahap 6 :
Memberikan penghargaan (Lebih
menekankan pada pembelajaran individual bagi siswa berkebutuhan khusus.) |
4.
Modifikasi Media Pembelajaran
Berdasar tugas yang sudah Anda kerjakan pada kegiatan
modifikasi tujuan dan isi/materi, lakukan modifikasi media pembelajaran yang
akan Anda gunakan agar kegiatan pembelajaran lebih sesuai dengan kebutuhan
peserta didik berkebutuhan khusus
Media
Pembelajaran (tuliskan nama media pembelajaran yang akan Anda gunakan) |
Penjelasan Media Pembelajaran |
Penjelasan Modifikasi Media Pembelajaran bagi
Peserta Didik Berkebutuhan Khusus |
Gambar
dan video alat pernapasan hewan / manusia |
Gambar dan video alat
pernapasan hewan / manusia |
Gambar dan video alat
pernapasan hewan / manusia |
Komentar
Posting Komentar