TUGAS MODIFIKASI PROSES

 

1.       Modifikasi Pendekatan Pembelajaran

Berdasar tugas yang sudah Anda kerjakan pada kegiatan modifikasi tujuan dan isi/materi, lakukan modifikasi pendekatan pembelajaran yang akan Anda gunakan agar kegiatan pembelajaran lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus.

 

Pendekatan Pembelajaran (tuliskan nama pendekatan pembelajaran yang Anda

gunakan)

Penjelasan Pendekatan Pembelajaran

Penjelasan Modifikasi Pendekatan Pembelajaran bagi Peserta Didik

Berkebutuhan Khusus

Pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach)

Pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach)

Pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach)

 

2.       Modifikasi Metode Pembelajaran

Berdasar tugas yang sudah Anda kerjakan pada kegiatan modifikasi tujuan dan isi/materi, lakukan modifikasi metode pembelajaran yang akan Anda gunakan agar kegiatan pembelajaran lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus.

 

Metode (tuliskan nama metode pembelajaran yang Anda

gunakan)

Penjelasan Metode Pembelajaran

Penjelasan Modifikasi Metode Pembelajaran bagi Peserta Didik

Berkebutuhan Khusus

 

Metode pembelajaran ceramah, demonstrasi, diskusi, presentasi, tanya jawab

Untuk siswa normal menggunakan metode pembelajaran ceramah, demonstrasi, diskusi, presentasi, tanya jawab

Metode pengajaran yang umum digunakan dalam pengajaran anak berkebutuhan khusus yaitu komunikasi, analisis tugas, intruksi langsung, prompts dan pembelajaran kooperatif.


 

 

 

 

 

 

 

 

3.       Modifikasi Model Pembelajaran

Berdasar tugas yang sudah Anda kerjakan pada kegiatan modifikasi tujuan dan isi/materi, lakukan modifikasi model pembelajaran yang akan Anda gunakan agar kegiatan pembelajaran lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus.

 

Model Pembelajaran (tuliskan nama model pembelajaran yang Anda

gunakan)

Sintak Model Pembelajaran

Modifikasi Sintak Model Pembelajaran bagi Peserta Didik

Berkebutuhan Khusus

 

 

Model Pembelajaran Kooperatif

Tahap 1 : Menyampaikan Tujuan dan Memotivasi Siswa

Tahap 2 : menyajikan Informasi

Tahap 3 : Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok kelompok belajar

Tahap 4 : Membimbing kelompok belajar dan Bekerja Tahap 5 : Evaluasi

Tahap 6 : Memberikan penghargaan

Tahap 1 : Menyampaikan Tujuan dan Memotivasi Siswa

Tahap 2 : menyajikan Informasi

Tahap 3 : Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok kelompok belajar

Tahap 4 : Membimbing kelompok belajar dan Bekerja Tahap 5 : Evaluasi

Tahap 6 : Memberikan penghargaan

 

(Lebih menekankan pada pembelajaran individual bagi siswa berkebutuhan khusus.)

 

4.       Modifikasi Media Pembelajaran

Berdasar tugas yang sudah Anda kerjakan pada kegiatan modifikasi tujuan dan isi/materi, lakukan modifikasi media pembelajaran yang akan Anda gunakan agar kegiatan pembelajaran lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus

 

Media Pembelajaran (tuliskan nama media pembelajaran yang akan

Anda gunakan)

Penjelasan Media Pembelajaran

Penjelasan Modifikasi Media Pembelajaran bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus


Gambar dan video alat pernapasan hewan / manusia

Gambar dan video alat pernapasan hewan / manusia

Gambar dan video alat pernapasan hewan / manusia

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liputan MPLSN SDN 2 Kutakembaran Tahun Ajaran 2024 - 2025

Posyandu Remaja: Kerja Sama Kolaboratif Membentuk Generasi Muda yang Sehat

Pemilihan Brand Ambassador SDN 2 Kutakembaran Sebagai Langkah dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Siswa