Pengelolaan Program Yang Berdampak Pada Murid - Aksi Nyata 3.3

" Program Market Day "

CGP Gian Sugianto - SDN 1 Ciporang


gambar 1 : stratergi promosi kegiatan market day oleh siswa

A. Fact

1. Latar Belakang

Sekolah sebagai suatu ekosistem merupakan wadah yang tepat  bagi peserta didik untuk  berkembang baik dalam kemampuan akademik maupun dalam bakat dan minat serta potensinya. Sebagai suatu ekosistem , sekolah juga dapat dikatakan sebagai sarana yang tepat dalam menumbuhkan karakter peserta didik dengan cara melakukan pembiasaan-pembiasaan yang positif atau yang lebih kita kenal sebagai " Budaya Positif" sehingga tentunya ini akan memunculkan perilaku yang menjadi sebuah "habit" yakni budaya positif pada peserta didik. Salah satu karakter yang dibangun melalui program " Market Day" diantaranya adalah Mandiri, Kreatif, Inovatif, Bertanggung jawab, Kompetitid dan memiliki jiwa kepemimipinan yang baik. Melalui Program Maket Day diharapkan dapat menstimlus kepercayaan diri pada peserta didik sebagai pemimpin program yang tentunya didampingi guru sebagai fasilitator.

Peran guru sebagai pemimin pembelajaran yang tentunya masuk dalam sumber daya manusia ( ASET ) yang dimiliki sekolah tentunya diharapkan untuk mampu menyelenggarakan berbagai program yang dapat menumbuhkan kepemimimpinan pada murid. Salah satu program yang diimplemantasikan yaitu program "Market Day", program ini merupakan program  yang dirancang dengan tujuan menumbuhkan budaya positif pada diri peserta didik dengan menghighliht melatih dan menumbuhkan jiwa enterpreuneurship dan kepemimpinan pada murid.

2. Reason ( Alasan Program )

Seperti yang saya utarakan sebelumnya bahwa salah satu alasan program ini kami pilih adalah sekolah memiliki tujuan untuk mengembangkan sebuah program yang tentunya berpihak pada murid sehingga diharapkan dengan adanya program "Market Day" banyak karakter positif yang dapat dibangun pada diri siswa salah satunya adalah karakter Mandiri, Kreatif, Inovatif serta bertanggung jawab. Diluar itu alasan lainnya market day dilaksanakan yaitu sekolah ingin mengaplikasi sebuah program yang dapat merangkul 3 komponen utama dalam mengembangkan sebuah program yang dapat berpihak pada murid. Seperti yang telah dijelaskan pada modul 3.3 program Guru Penggerak bahwa sebuah program yang baik harus dapat menghighlight 3 hal ; voice, choice dan ownership. Melalui program "Market Day" ketiga hal tersebut dapat dengan mudah dimunculkan  secara holistik. 

3. Hasil Aksi Nyata yang Dilakukan


gambar 2 : salah satu stand "market day" siswa sdn 1 ciporang

Aksi nyata yang dilakukan melalui program "Market Day " memiliki tujuan untuk menanamkan jiwa enterpreuner dan kepemimpinan pada peserta didik. Adapun beberapa aksi nyata yang dilakukan dalam program ini adalah  :

  • Peserta didik dan guru berdiskusi tentang program apa yang diisi selama kegiatan KTS ( Pemilihan program "Market Day" tercetus oleh siswa sendiri dengan kesepakatan bersama angtar siswa 
  • Peserta didik membagi diri mereka kedalam beberapa kelompok sesuai kelas masing-masing
  • Peserta didik melakukan kegiatan voting untuk memilih koordinator "Stand" sesuai dengan kelasnya masing-masing
  • Peserta didik dalam kelompok stan mendiskusikan pilihan "barang/makanan" yang akan dijual dalam stand mereka masing-masing.
  • Peserta didik dalam kelompok stan mendiskusikan pilihan disgn stan sesuai kesepakatan kelompok masing-masing
  • Peserta didik dalam kelompok stan mendiskusikan  strategi promo / marketing  yang akan dilakukan ketika kegiatan dilaksanakan.
  • Peserta didik dalam kelompok stan bertanggung jawab atas kebeeradaan dan aktivitas jual-beli di stand mereka masing-masing selama acara berlangsung.
  • Peserta didik dalam kelompok stand bertanggung jawab melaporkan hasil pembukuan dari aktivitas jual beli dari stand mereka masing-masing kepada pendamping (wali kelas )
  • Peserta didik mengatur secara mandiri pembagian keuntungan dari hasil kegiatan.

B. Feeling

Berbicara tentang perasaan apa yang saya rasakan ketika program ini kami laksanakan tentunya adalah saya sangat merasa "bangga dan senang" karena walaupun kegiatan ini merupakan kegiatan yang hanya dilakukan untuk mengisi kegiatan tengah semester namun saya melihat peserta didik sangat antusias dalam menjalankan program tersebut terlebih terdapat perubahan signifikan yang ditunjukan oleh peserta didik setelah mengikuti kegiatan ini, dimana peserta didik yang tergabung dalam kegiatan ini dapat menunjukan kepemimpipinan dengan cara bagaimana mereka mampu mengatur diri mereka dan kelompoknya untuk mensukseskan stan mereka masing-masing. Selain itu hal penting lainnya yang muncul adalah tterdapat progress yang sangat baik dalam hal menumbuhkan rasa tanggung jawab, kreatifitas, inovasi serta kerja sama diantara mereka. Dan terakhir melalui kegiatan "Market Day" baik disadari atau tidak anak-anak belajar bagaimana menjadi seorang enterpreuneur yang handal dan ini dibuktikan oleh keberhasilan mereka dalam mempromosikan dagangan yang terdapat dalam stand-stand milik mereka.

C. Finding

Program "Merket Day" tentu saja diharapkan dapat memberikan berbagai pembelajaran yang sangat bermakna bagi peserta didik, hal ini dikarenakan melalui kegiatan ini entrepreunership dan  kepemimpinan peserta didik dapat dengan mudah dikembangkan dengan memberikan sebuah kepercayaan kepada mereka untuk memberikan sebuah gagasan (choice ), pilihan (voice) dan juga kepemilikan (ownership). 


D.Future

Saya berharap program kegiatan "Market Day"  dapat menjadi proram rutin dalam setiap kegiatan tengah semester dan berjalan secara kontinuitas. Sehingga peserta didik memiliki  wadah yang tepat bagi mereka untuk mengembangkan dan menubuhkan jiwa entreprenuer dan kepemimpinan meraka. 

Komentar

  1. Setiap program pada dasarnya memberikan dampak positif kepada murid untuk membangun karakter pelajar Pancasila, melalui program yang bapak rancang sudah tergambar tujuannya, semoga semakin sukses di kegiatan selanjutnya dan lebih bervariasi. semangat salam bahagia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ibu.. mudah2an kita semua dapat melahirkan berbagai inovasi program yang berpihak pada murid

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liputan MPLSN SDN 2 Kutakembaran Tahun Ajaran 2024 - 2025

Posyandu Remaja: Kerja Sama Kolaboratif Membentuk Generasi Muda yang Sehat

Pemilihan Brand Ambassador SDN 2 Kutakembaran Sebagai Langkah dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Siswa