RPP aksi nyata 2.2

 

Tugas Aksi Nyata modul 2.2

RPP Diferensiasi dan Pembelajaran Social - Emosional

CGP Gian Sugianto S.Pd

Analisis Pembelajaran

 

Pemetaan Kebutuhan Belajar Siswa  :

 

KASUS UNTUK PEMBELAJARAN SOSIAL- EMOSIONAL

-          Keterampilan social-emosional yang diangkat : Kesadaran diri – Pengenalan Emosi dan Mindfulness

-          Kasus : di awal pembelajaran saya akan mencoba melakukan treatment mindfulness listening dengan memutar instrument dan anak akan diminta untuk menyampaikan apa yang mereka rasakan. Selain itu kegiatan belajar yang baik adalah pembelajaran yang didalamnya terdapat refleksi dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Kegiatan refleksi tentunya bisa bersumber dari apa yang siswa rasakan. Maka dari itu dalam tahapan refleksi saya akan menyisipkan pembelajaran social-emosional dimana saya mengangkat keterampilan kompetensi kesadaran diri diri – pengenalan emosi dimana saya akan menstimulus siswa untuk lebih mengenal emosi apa yang mereka rasakan khususnya terkait dengan proses kegiatan pembelajaran. Tekniknya saya akan membuat stiker “ emotion “ yang nantinya dapat peserta didik pilih sebagai cerminan ungkapan apa yang sedang mereka rasakan. Sebagai tambahan informasi kasus dan kegiatan ini saya aplikasikan di kelas 5 SDN 1 Ciporang Kecamatan Kuningan.

TUJUAN PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL YANG DIHARAPKAN

-          Dengan Mindfulness listening siswa diharapkan lebih siap lagi dalam mengikuti proses KBM

-          Siswa diharapkan mampu mengungkapkan apa yang mereka rasakan terkait KBM.

-          Siswa diharapkan mampu mengenali jauh lebih dalam terkait emosi yang mereka rasakan

-          Siswa diharapkan memiliki keberanian untuk lebih mengekspresikan diri sesuai apa yang meraka rasakan.

 

KASUS UNTUK DIFFERENSIASI

Berdasarkan gaya belajar siswa :

Dari 42 siswa Kelas 5b SDN 1 Ciporang, 50% Siswa memiliki gaya belajar audio-visual, 30% Siswa memiliki gaya belajar Audiotori dan 20 % visual.

 

 

 

KSE yang di angkat : Kesadaran Diri – Pengenalan emosi

Strategi Diferensiasi :

 

Dari pemetaan kebutuhan belajar siswa diatas, guru menerapkan diferensiasi proses dan diferensiasi produk, yaitu :

 

1.      Diferensiasi Proses :

 

-   menyediakan link cerita sesuai minat ( untuk kegiatan literasi )

-  menyediakan link materi sesuai gaya belajar yang mereka sukai ( video pembelajaran, recording voice, atau teks bacaan )

-  proses penguatan komunikasi dilakukan melalui pilihan komunikasi langsung, voice call atau teks messenger    

 

2.      Diferensiasi Produk :

-  hasil laporan pengamatan bisa dalam bentuk  recording voice, video atau laporan tertulis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( PEMBELAJARAN BERDIFERIANSI DAN PEMBELAJARAN SOSIAL - EMOSIONAL)

 

 

Satuan Pendidikan      : SDN 1 CIPORANG

Kelas / Semester         : 5 /1

Tema                           : Ekosistem (Tema 5)

Sub Tema                    : Keseimbangan Ekosistem (Sub Tema 3)

Pembelajaran ke          : 1

Alokasi waktu             : 1 Hari

Muatan Terpadu          : Bahasa Indonesia dan IPA

 

 

 

Bahasa Indonesia

3.7 Menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan pada teks nonfiksi

IPA

3.5 Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar

 

 

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Mencermati teks nonfiksi yang disajikan, siswa mampu menemukan pokok pikiran dalam bacaan

2.    Menyimaak penjelasan dan mencermati teks bacaan, siswa mampu membuat pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan bacaan

3.    Membuat bagan, siswa mampu menggolongkan hewan berdasarkan jenis makannya

4.    Melakukan pengamatan dan pengumpulan informasi, siswa mampu membuat teks nonfiksi tentang pengolongan hewan berdasarkan jenis makannya

 

B.      SUMBER DAN ALAT BELAJAR

1.  Sumber Belajar

a.       Buku guru tematik 2013 kelas 5 semester 1

2.  Alat Belajar

a.       Laptop

b.       Ppt

c.       Teks bacaan bergambar tentang  ekosistem

 

C.      MATERI PEMBELAJARAN :

IPA : Ekosistem dan Bahasa Indonesia :Ide pokok paragraph non fiksi

D.      STRATEGI DIFERENSIASI

      Diferensiasi Proses dan Diferensiasi prodak

E.      PEMBELAJARAN SOSIAL – EMOSIONAL : Kesadaran diri – Pengenalan Emosi

F.      PENDEKATAN DAN METODE

Pendekatan      : Scientific

Strategi            : Cooperative Learning

Metode            : Penugasan, membaca pemahaman, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

 

1.  Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi, Religius)

2.  Mengecek Kehadiran siswa secara daring ( disiplin )

3.  Menanyakan keadaan kabar siswa ( Empati , kepedulian)

4.  Menguatkan nilai moral dan Pancasila dan meningatkan kembali 3M (pendidikan karakter )

5.  Guru memberikan beberapa pilihan bacaan cerita baik melalui teks ataupun video teks bergambar dan siswa memilih buku bacaan sesuai minatnya untuk dibaca selama 10 menit (Literasi , differesiasi proses, minat )

6.  Melakukan mindfulness listening ( Pembelajaran social-emosional)

7.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

8.  Dengan menggunakan PPT untuk membuka slide materi pelajaran

9.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akandipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

15 menit

(Sintak Model Discovery Learning)

Inti

1)       Eksplorasi: Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar / recording voice + teks / video pembelajaran ( sesuai pilihan mereka ) secara cermat untuk menggali informasi. (Hots) / ( differensiasi proses )

2)       Kerja sama : siswa membentuk kelompok untuk mendiskusikan komponen abiotic dan biotik menurut jenis ekosistem yang mereka pilih sesuai minat masing-masing (differensiasi proses, KSE social Resiliensi )

3)       Pengumpulan Data: Ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna melalui konsep pelaporan tertulis.

4)       Komunikasi: Rangsang keingintahuan siswa dengan dialog komunikatif melalui kegiatan presentasi

140

menit


 

Hasil yang Diharapkan

1.       Siswa terangsang untuk ingin tahu dan mempelajari lebih lanjut tentang organ gerak hewan dan manusia.

2.       Siswa memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap organ gerak.

Ayo Membaca

3.       Siswa membaca bacaan berjudul Organ Gerak Manusia dan Hewan

4.       Selesai membaca, siswa mencari dan menentukan ide pokok tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya. (Critical Thinking and Problem Formulation)

A.            Ayo Menulis

·         Secara mandiri siswa mencoba menulis ide pokok sesuai paragraf yang disediakan. (Creativity and Innovation)

·         Siswa membuat jaring-jaring makanan beserta penjelasannya

·         Siswa mengumpulkan tugas sesuai minatnya baik berbentuk laporan video, laporan voice recording, ataupun laporan berbentuk teks ( differensiasi proses)

·         Siswa mengisi lembar kerja siswa  ( assessment / evaluation )

 

Penutup

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point- point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Siswa bebas memilih

Ø Siswa dan guru melaksanakan umpan balik dan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan menerapkan pembelajaran sosial-emosional dengan kompetensi kesadaran diri – pengenalan emosi  dengan teknik membuat stiker “ emotion “ yang peserta didik pilih sebagai cerminan ungkapan apa yang sedang mereka rasakan terkait emosi selama kegiatan belajar mengajar berlangsung( refleksi, Pembelajaran Sosial _emosional dengan KSE kesadaran diri – Pengenalan Emosi )

Ø Peserta didik dan guru menutup pembelajaran sesuai  dengan prosedur rutin ( salam. Terima kasih, berdoa dan mengingatkan 3m ) (religious)

Guru :

Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.

15 menit

Refleksi dan Konfirmasi

-          Penerapan stiker emotion ( Pembelajaran social-emosional )

-          Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

ASSESMENT (Penilaian)

Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran)

 

 

 

 

 

 

Teknik Penilaian:

1.             Penilaian Sikap: Percaya diri, peduli, tanggung jawab, disiplin

a)      Disiplin

 

 

 

 

 

No

 

 

 

Nama

Aspek Sikap yang Dinilai

 

Catatan guru

Datang Tepat Waktu

Mengerja- kan tugas tepat

waktu

Tertib dalam pem-

belajaran

Bersera- gam lengkap

Melak- sanakan piket

Meng- emba likan

 

SB

 

PB

 

SB

 

PB

 

SB

 

PB

 

SB

 

PB

 

SB

 

PB

 

SB

 

PB

Banyak-

nya SB dan PB

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

b)      Tanggung Jawab

 

 

 

 

No

 

 

 

Nama

Aspek Sikap yang Dinilai

 

 

Catatan guru

Menye- lesaikan tugas belajar

Melak- sanakan keber- sihan

 

Menger- jakan tugas PR

Memberi peme- cahan masalah

 

Mem- buat laporan

Mem- berikan santunan sosial

Menye- lesaikan tugas belajar

 

SB

 

PB

 

SB

 

PB

 

SB

 

PB

 

SB

 

PB

 

SB

 

PB

 

SB

 

PB

 

SB

 

PB

Banyak-

nya SB dan PB

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

c)      Peduli

 

 

 

 

No

 

 

 

Nama

Aspek Sikap yang Dinilai

 

 

Catatan guru

Per- hatian kepada teman

 

Mem- bantu teman

 

Ingin tahu kesulitan teman

 

Men- jenguk teman

 

Merawat lingkungan

Memin- jamkan alat belajar

Melerai teman

 

SB

 

PB

 

SB

 

PB

 

SB

 

PB

 

SB

 

PB

 

SB

 

PB

 

SB

 

PB

 

SB

 

PB

Banyak- nya SB

dan PB

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

d)      Percaya Diri

 

 

 

No

 

 

Nama

Aspek Sikap yang Dinilai

 

Catatan guru

 

Berani tampil

 

Berani mencoba

Berani berpen- dapat

Berani me- mimpin

Menyam- paikan kritik

Memper- tahankan pendirian

 

SB

 

PB

 

SB

 

PB

 

SB

 

PB

 

SB

 

PB

 

SB

 

PB

 

SB

 

PB

Banyak- nya SB

dan PB

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.             Penilaian Pengetahuan: tes tertulis

Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, remedial, dan pengayaan pada buku siswa.

Format Penilaian

 

 

Nama Siswa

Hasil Penilaian Pengetahuan

Aspek 1

Aspek 2

Tercapai (V)

Belum tercapai (v)

Tercapai (V)

Belum tercapai (v)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.             Penilaian Keterampilan: uji unjuk kerja Penilaian Unjuk Kerja

a)      Rubrik Menulis Berdasarkan Pengamatan Gambar

Aspek/ Kriteria

Baikl sekali

Baik

Cukup

Perlu bimbingan

4

3

2

1

Isi              dan

Pengetahuan: Hasil        yang ditulis    sesuai dengan kejadian   atau peristiwa yang tampak     pada gambar     yang

diamati

Keseluruhan jawaban       yang

ditulis          siswa

sesuai     dengan

gambar yang diamati dan benar mengelompokkan jawabannya

Keseluruhan jawaban       yang

ditulis          siswa

sesuai     dengan

gambar        yang

diamati           dan sebagian besar mengelompokkan jawabannya

Sebagian      besar jawaban        yang

ditulis          siswa

sesuai       dengan

gambar          yang

diamati           dan sebagian besar benar dalam mengelompokkan

jawabannya

Hanya sebagian kecil jawaban yang ditulis siswa sesuai      dengan

gambar        yang

diamati           dan

sebagian      kecil

benar          dalam mengelompokkan

jawabannya

Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan Benar: bahasa indonesia yang                  baik danbenar digunakan dalam

penulisan ringkasan

Bahasa Indonesia                   yang baik     dan benar digunakan dengan       efisien

dan          menarik dalam keseluruhan penulisan

Bahasa Indonesia                   yang baik     dan benar digunakan dengan       efisien dalam keseluruhan penulisan

Bahasa Indonesia                    yang baik     dan benar digunakan dengan      sangat efisien         dalam sebagian      besar penulisan

Bahasa Indonesia                   yang baik     dan benar digunakan dengan      sangat efisien         dalam

sebagian                      kecil penulisan

Keterampilan penulisan: Tulisan     hasil pengamatan dibuat dengan benar, sistematis dan jelas,        yang menunjukkan keterampilan penulisan

yang baik

Keseluruhan hasil penulisan      hasil pengamatan yang             sistematis dan              benar menunjukkan keterampilan penulisan      yang sangat   baik,  di atas     rata-     rata kelas

Keseluruhan hasil penulisan      hasil pengamatan yang             sistematis dan              benar menunjukkan keterampilan penulisan      yang sangat baik

Sebagian     besar hasil      penulisan hasil pengamatan yang     sistematis dan              benar menunjukkan keterampilan penulisan      yang terus berkembang

Hanya    sebagian kecil              hasil penulisan      hasil pengamatan yang             sistematis dan              benar menunjukkan keterampilan penulisan      yang masih perlu terus ditingkatkan


 

b)      Mencari ide pokok bacaan

Aspek/ Kriteria

Baikl sekali

Baik

Cukup

Perlu bimbingan

4

3

2

1

Ketepatan

Menemukan keseluruhan          ide pokok dengan tepat

Hampir semua ide           pokok ditemukan

dengan tepat

Ada beberapa ide pokok yang tidak tepat

Sebagian ide pokok yang ditemukan

tidak tepat

Menunjukkan bukti pendukung

Mampumenunjukkan bukti pendukung

Mampu menunjukkan hampir semua bukti pendukung

Ada beberapa bukti pendukung yang

ditunjukkan tidakn tepat

Sebagian besar                 bukti pendukung yang

ditunjukkan tidak tepat

Waktu

Keseluruhan ide pokok ditemukan dengan sangat cepat

Keseluruhan ide           pokok ditemukan dengan cepat

Keseluruhan ide    pokok    di temukan

dengan cukup cepat

Keseluruhan ide          pokok ditemukan

dengan sangat lambat

Keterampilan penulisan: Tulisan      hasil pengamatan dibuat dengan benar, sistematis dan jelas,          yang menunjukkan keterampilan penulisan yang baik

Keseluruhan      hasil penulisan           hasil pengamatan       yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan           yang sangat baik, di atas rata- rata kelas

Keseluruhan hasil penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan          benar menunjukkan keterampilan penulisan yang sangat baik

Sebagian besar                  hasil penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan          benar menunjukkan keterampilan penulisan yang terus berkembang

Hanya sebagian kecil hasil penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan          benar menunjukkan keterampilan penulisan yang masih        perlu terus

ditingkatkan

 

c)      Menuliskan Ide Pokok dari Bacaan

 

Aspek/ Kriteria

Baikl sekali

Baik

Cukup

Perlu bimbingan

4

3

2

1

Rumusan ide pokok:

Ide pokok ditulis dalam bentuk kalimat (subjek

+ predikat)

Keseluruhan ide pokok                  ditulis

dalam       bentuk kalimat

Hampir semua ide pokok ditulis dalam bentuk kalimat

Sebagian besar ide pokok ditulis dalam bentuk kalimat

Hanya sebagian kecil ide pokok ditulis dalam bentuk kalimat

Penggunaan bahasa

Bahasa indonesia    yang

Bahasa indonesia yang

Bahasa indonesia yang

Bahasa indonesia yang


indonesia: bahasa indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan

baik dan benar digunakan dengan     efisien dan         menarik dalam keseluruhan

penulisan

baik dan benar digunakan dengan     efisien dalam keseluruhan penulisan

baik dan benar digunakan dengan    sangat efisien       dalam sebagian besar penulisan

baik dan benar digunakan dengan    sangat efisien       dalam sebagian                   kecil penulisan

Ketepatan : ide pokok yang ditulis benar dan sesuai dengan bacaan

Keseluruhan ide pokok yang ditulis benardan sesuai dengan bacaan

Hampir Keseluruhan ide pokok         yang ditulis benar dan sesuai     dengan

bacaan

Sebagian besar ide pokok yang ditulis benardan sesuai dengan bacaan

Sebagian kecil ide pokok yang ditulis benardan sesuai dengan bacaan

 

H.     REMEDIAL DAN PENGAYAAN

a.             Remedial

Ekosistem

habitat

abiotik

biotik

 

 

 

 

 

 

 

 

b.      Pengayaan

Coba amati kegiatanmu sehari-hari.

1.          Apa yang dimaksud dengan ekosistem ?

.................................................................................................................................

.................................................................................................................................

.................................................................................................................................

...............

2.          Apa perbedaan komponen biotik dan abiotic ?

.................................................................................................................................

.................................................................................................................................

.................................................................................................................................

.................................................................................................................................

....................


 

I.        SUMBER DAN MEDIA

1.             Buku, teks bacaan organ gerak hewan dan manusia, gambar tentang organ gerak hewan dan manusia

2.             Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).

3.             Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.

4.             Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 5 semester 1 dari JGC/SCi Media.

5.             Slide/gambar tentang organ gerak hewan dan manusia.

6.             Slide materi

Text Box: Refleksi Guru

 

Catatan Guru

1.  Masalah                   :……….

2.  Ide Baru                  :………..

3.  Momen Spesial       :………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

Lilis Susilawati S.Pd

NIP. 196310281983052007

                  Kuningan, 26 November 2021

Guru Kelas 5 ,

 

 

 

Gian Sugianto S.Pd

                   NIP.1988061320211011003

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liputan MPLSN SDN 2 Kutakembaran Tahun Ajaran 2024 - 2025

Posyandu Remaja: Kerja Sama Kolaboratif Membentuk Generasi Muda yang Sehat

Pemilihan Brand Ambassador SDN 2 Kutakembaran Sebagai Langkah dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Siswa