Koneksi antar materi 2.1

  KESIMPULAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI



 Sebelumnya saya akan mencoba memaparkan konsep dasar pembelajaran berdiferensiasi yang perlu kita ketahui. Sejatinya ada empat karakteristik utama pembelajaran berdiferensiasi yang efektif, yaitu:

  • Pembelajaran merupakan konsep dan prinsip memberilkan dorongan.
  • Penilaian berkelanjutan terhadap kesiapan dan perkembangan belajar siswa dipadukan ke dalam kurikulum.
  • Digunakannya pengelompokan secara fleksibel dan konsisten.
  • Siswa secara aktif bereksplorasi di bawah bimbingan dan arahan guru.

Berdasarkan karakteristik pembelajaran berdiferensiasi diatas, pembelajaran literasi hendaknya dilaksanakan berdasarkan kondisi awal siswa, bukan berdasarkan apa yang harus dicapai siswa. Dalam merencanakan pembelajaran berdiferensiasi, guru harus memahami secara mendalam siswanya, baik dalam hal kesiapan belajar, minat, maupun gaya atau profil belajarnya.

       Pembelajaran berdiferensiasi di kelas dimulai dengan membuat sebuah  pemetaan, pemetaan yang dibuat tentunya harus didasarkan kepada minat, kesiapan belajar atau profil belajar murid. 

Sebagai seorang guru kita harus mengetahui minat yang dimiliki oleh murid- murid kita. Hal ini dimaksudkan sebagai cara untuk menghubungkan materi dengan proses, produk atau bahkan konten yang akan mereka jalani atau hasilkan selama proses pembelajaran sehingga secara tidak langsung akan menambah motivasi kepada siswa tersebut.

 Sedangkan readiness sangat diperlukan sejauh mana konten akan diberikan kepada murid agar tidak akan terlalu menjadi beban ketika proses pembelajaran berlangsung.

 Sedangkan profil belajar murid lebih cenderung ke gaya belajar setiap murid di kelas. Hal ini lebih berpengaruh kepada proses dan produk yang akan mereka jalani di kelas. 

Diharapkan dengan adanya pembelajaran berdiferensiasi ini kebutuhan murid terpenuhi, serta dapat memupuk motivasi belajar mereka untuk senantiasa mengembangkan diri sesuai dengan yang mereka sukai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liputan MPLSN SDN 2 Kutakembaran Tahun Ajaran 2024 - 2025

Posyandu Remaja: Kerja Sama Kolaboratif Membentuk Generasi Muda yang Sehat

Pemilihan Brand Ambassador SDN 2 Kutakembaran Sebagai Langkah dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Siswa