Langsung ke konten utama

Koneksi antar materi nilai dan peran guru penggerak

 



Number of replies: 0

  1. Apa yang Anda pahami mengenai nilai dan peran Guru Penggerak? Peran dari guru penggerak yaitu bagaimana menjadi Pemimpin pembelajaran, Menggerakkan komunitas praktisi, Menjadi Coach bagi guru yang lain, Mendorong kolaborasi antara guru dan Mewujudkan Kepemimpinan pada murid. Sedangkan untuk nilai-nilai dari seorang guru penggerak yaitu: Mandiri,Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, serta berpihak pada murid.

  2. Apakah ada keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara? jelaskan! Menurut saya pribadi terdapat konektivitas antara Nilai dan peran guru penggerak  dengan filosofi KHD. filosofi KHD yang paling utama yaitu menghamba pada murid. Kita sebagai seorang guru tentunya harus mengetahui apa yang diinginkan oleh murid sehingga kita bisa memberikan apa yang dibutuhkan oleh murid. Kita harus ingat bahwasannya murid dengan kemampuan biasa apabila tidak diperhatikan maka akan menjadi murid dengan kualitas biasa, tetapi apabila murid dengan kemampuan biasa selalu diberikan apa yang diinginkan,  dididik maka akan menjadi murid dengan kualitas yang luiar biasa. hal ini tidak terlepas dari nilai dan peran guru sehingga dengan menerapkan nilai dan peran guru akan menghasilkan murid dengan kemampuan luar biasa.

  3. Ingat kembali refleksi diri Anda pada bagian Refleksi Terbimbing serta ilustrasi yang sudah Anda buat pada Demonstrasi Kontekstual (sebagai gambaran Anda). Apa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mencapai nilai tersebut?  Pada demonstrasi kontekstual saya di gambarkan sebagai guru yang berpihak pada murid sehingga strategi yang saya akan lakukan adalah beriniovasi terkait metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan apa yang anak inginkan sehingga mereka bisa menikmati setiap kegiatan pembelajaran yang saya berikan.

  4. Siapa saja pihak yang dapat membantu Anda dalam mencapai gambaran diri Anda di demonstrasi kontekstual tersebut? Seperti apa perannya? Salah satu yang dapat mendukung gambaran yang saya inginkan tentunya stikholder terkait dalam hal ini adalah kepala sekolah dan tentunya disertai dukungan dari rekan guru sejawat di tempat saya bekerja. Contoh konkritnya kepala sekolah yang memberikan dukungan dengan memberikan izin bagi saya untuk menerapkan setiap inovasi yang saya lakukan tentunya dapat memberikan stimulus yang positif bagi saya untuk terus berkembang ditambah dengan dukungan rekan sejawat dengan membantu mengembangkan inovasi yang saya kembangkan akan jauh lebih mudah dalam mencapai tujuan tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liputan MPLSN SDN 2 Kutakembaran Tahun Ajaran 2024 - 2025

Posyandu Remaja: Kerja Sama Kolaboratif Membentuk Generasi Muda yang Sehat

Pemilihan Brand Ambassador SDN 2 Kutakembaran Sebagai Langkah dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Siswa