Tugas Aksi nyata CGP modul 1 1 a.10

Berikut adalah pemaparan saya terkait tugas aksi nyata pada modul 1.1.a. 10

  1. Perasaan selama melakukan perubahan di kelas
Berbicara tentang apa yang kita rasakan tentu jawabannya sangatlah beragam namun dapat saya katakan dengan jelas bahwa terdapat kepuasan secara batiniah yang kita rasakan dikala apa yang kita lakukan dalam rangka mewujudkan perubahan ke arah yang lebih progresif  hal ini tentu terjadi ketika kita melihat timbal balik dan responbility yang di tunjukan baik oleh siswa kita sendiri atau bahkan rekan dan atasan kita ditempat kita bekerja.

2. Ide atau gagasan yang timbul sepanjang proses perubahan.
 
Ide atau gagasan yang timbul sebetulnya muncul ketika kita mengikuti alur pendidikan program guru penggerak dimana diawali banyaknya kegiatan yang kita ikuti dimulai dari kolaborasi konsep bersama para instruktur sampai dengan pembelajaran LMS yang kita lakukan pada setiap harinya.. hal ini membawa kita kepada ide ide atau gagasan yang muncul yang selanjutnya kita coba aplikasi di kelas kita sendiri salah satunya adalah penggunaan platforim media sosial yang saya jadikan sebagai media pembelajaran contohnya saja penggunaan platform youtube, tiktok, instagram dan masih banyak lainnya yang ternyata banyak membaaa manfaat bagi kita dalam dunia pendidikan.

3.Pembelajaran dan pengalaman dalam bentuk catatan praktik baik 

Pembelajaran yang dapat saya ambil dalam proses kali ini adalah tentang bagaimana sikap kita dalam menerapkan filosopis pendidikan yang di gagas oleh Ki Hadjar Dewantara "Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani" semboyan itu dapat kita maknai " di depan seorang pendidik harus bisa menjadi teladan, di tengah murid pendidik harus bisa memberikan ide dan di belakang seorang pendidik harus bisa memberikan dorongan".  Mungkin saat ini kita menyadari kata -kata tersebut sering tergema namun kita sebagai guru sering kali lupa untuk meninternalisasi filosopis tersebut dalam kegiatan kita mengajar. Saya yakin banyak di antara kita yang terlampau silau dengan beragam metode yang bersumber dari luar padahal nyatanya dari dalam negeri pun kita memiliki folosopis pendidikan yang luar biasa yang justru sesuai dengan identitas diri bangsa kita sebagai bangsa Indonesia

4. ‘Foto bercerita’ dari seluruh rangkaian pelaksanaan (perencanaan, penerapan dan refleksi) ?

Salah satu kegiatan merdeka belajar dan mengkolaborasikan platform youtube bisa di lihat di kanal chanel youtube saya yaitu "belajar channel"

Anda juga dapat memasukkan ‘testimoni’ dari rekan guru dan murid yang terlibat dalam proses perubahan yang Anda lakukan. 

Adapun  testimoni yang saya berhasil dapatkan dari anak didik saya.

Zaskia : "pembelajaran dengan metode among yang bapak terapkan sangat seru" kita lebih enjoy lagi dalam belejat.
M. Zydan : "seru apalagi ketika pembelajaran matematika yang dilakukan dengan sistem quiss kita jadi semangat pak untuk cepat bisa"

Mungkin itu teman teman jurnal aksi nyata yang bisa saya tulis hari ini.. terima kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Liputan MPLSN SDN 2 Kutakembaran Tahun Ajaran 2024 - 2025

Posyandu Remaja: Kerja Sama Kolaboratif Membentuk Generasi Muda yang Sehat

Pemilihan Brand Ambassador SDN 2 Kutakembaran Sebagai Langkah dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Siswa